Sabtu, 26 September 2015

(TUGAS 1) Pembahasan Tentang Mini PC

Pengertian Mini PC


Mini PC diartikan sebagai jaringan komputer yang terdesain dengan satu pusat komputer yang memungkinkan komputer lainnya bisa digunakan secara bersamaan dalam sistem share atau berbagi data. Mini PC atau yang bisa disebut sebagai mini komputer ini banyak digunakan oleh sistem komputer perusahaan yang dirancang terkoordinasi menjadi satu namun dengan tingkat penggunaannya yang fleksibel oleh semua penggunanya. Mini PC diatur dengan pembagian waktu yang tidak membutuhkan nilai dari prosesnya namun menitik beratkan pada interaksi dari pengguna itu sendiri. So, inilah komputer kelompok yang menarik untuk anda gunakan.


Sekilas Tentang Mini PC atau Komputer Mini 




Mini PC atau Komputer Mini saat ini menjadi sebuah fenomena baru yang terjadi didunia computer. Mini PC hadir untuk menyelamatkan desktop PC yang saat ini mulai ditinggalkan akibat kalah bersaing dengan laptop, netbook, maupun tablet. Lalu apa sih sebenarnya Mini PC?MiniPC atau Komputer Mini merupakan sebuah desktop PC yang menggunakan casing mini. Mini Pc menggunakan perangkat yang sama layaknya desktop PC seperti processor, motherboard, vga, power supply, maupun ram, namun memiliki casing yang lebih kecil seperti casing pada PS 3 maupun xbox 360.Mini PC saat ini hadir dalam dua varian, yaitu mini PC yang berbranded dan mini PC rakitan sendiri. Mini PC berbandred merupakan Mini PC yang dikeluarkan oleh perusahaan IT ternama seperti Asus, Zotac, maupun Asrock yang didalamnya sudah ditanamkan spesifikasi tertentu. Sedangkan Mini PC rakitan merupakan Mini PC yang dirakit sendiri layaknya desktop PC dengan spesifikasi sesuai dengan keinginan pelanggan.Perbedaan utama dari Mini PC berbranded dan Mini PC rakitan adalah masalah harga. Harga Mini PC berbranded biasanya agak lebih mahal daripada Mini PC rakitan karena faktor brand, pajak, dan sebagainya. Selain itu Mini PC berbranded sudah ditanamkan spesifikasi tertentu yang terkadang tidak sesuai keinginan pelanggan, sedangkan  untuk Mini PC rakitan pelanggan bisa memilih spesifikasi yang diinginkan.


Jenis – Jenis Mini PC


Tidak semua jenis PC termasuk dalam sistem mini PC. Untuk itu, beberapa jenis PC yang bisa anda temukan dalam artikel kali ini yaitu :

· PDP- 8

Jenis mini PC satu ini dirilis pada tahun 1965 oleh DEC (Digital Equipment Corporation) dengan harga yang lumayan besar pada zamannya dulu.

· PDP- 11
Juga menjadi jenis mini PC yang dirilis pada tahun 1970 oleh DEC (
Digital Equipment Corporation).

· VAX (Virtual Addres Extension)
Adalah salah satu jenis mini PC yang dikreasikan oleh DEC (
Digital Equipment Corporation) dan dirilis pada tahun 1970an pada akhir dekadenya.

· Xerox Star
Inilah salah satu jenis mini PC yang terkemuka dengan sistem komputer antarmuka grafis (GUI) pertama kali di dunia.

· IBM system 370
Sistem mini PC satu ini menjadi bentuk dasar dari desktop komputer yang ada di pasaran. sistem mini PC satu ini dikembangkan berdasakan sistem modul yang memudahkan penggunanya dalam menggonta – ganti komponen – komponennya. Untuk itu, inilah pilihan mini PC yang teroperasi dengan baik untuk seluruh konsumennya.


Keunggulan Mini PC


Dalam ulasan review mini PC kali ini, anda juga akan diajak untuk mengetahui keunggulan dari mini PC diantaranya yaitu :

1.    Memiliki ukuran memory berkisar sekitar 4 MB sampai dengan 128 MB

2.    Terkonfigurasi dari beberapa ukuran bit seperti 8 bit, 16 bit, 32 bit, atau 64 bit

3.    Bisa digunakan oleh multiuser

4.    Mini PC mudah untuk dipindah – pindah tempatnya

5.    Bermanfaat optimal jika digunakan dalam unit produksi, riset laboratorium dan komunikasi data.


Keuntungan menggunakan Mini PC


Salah satu yang saat ini menjadi isu penting adalah soal hemat daya energi, utamanya listrik. Nah, ini yang menjadi salah satu keuntungan menggunakan mini PC. Jika anda membeli PC ‘biasa’, paling tidak anda harus siap untuk menyiapkan pengeluaran listrik lumayan banyak tiap bulannya. Satu PC, setidaknya akan mengonsumsi daya 450 watt. Bandingkan dengan Mini PC sekarang yang rata-rata butuh daya antara 60 sampai 150 watt saja. Ini akan lebih hemat lagi jika dipadukan dengan monitor berjenis LED. Anda akan menghemat sangat banyak.


Kekurangan Menggunakan Mini PC


Yang paling jelas menjadi kekurangan Mini PC adalah sedikit atau tidak adanya kemungkinan ekspansi. Artinya, kita tidak seleluasa ketika memakai PC dekstop ketika hendak menambah atau mengganti komponen di dalamnya. Mirip dengan ketika kita memakai laptop. Kalau sudah kedaluwarsa dan tidak ekonomis lagi untuk melakukan upgrade, pilihannya ya tinggal beli baru lagi. Kita tidak bicara tentang lebih cepat rusak atau tidaknya loh-ya… Itu tergantung dengan pemakaian kita saja.Rata-rata Mini PC hanya memungkinkan kita untuk meng-upgrade atau mengganti hard disk dan RAM. Ada beberapa yang modul RAM-nya tertanam untuk menghemat tempat. Dan itu artinya kita tidak bisa menggantinya dengan mudah. Mending beli baru. Keberadaan slot ekspansi memang sangat terbatas. Jadi ya terima saja. Toh, ketika anda membeli Mini PC ya harus sadar bahwa anda akan menggunakannya banyak untuk kegiatan komputasi yang ringan-ringan saja yang tidak perlu sampai memaksa anda meng-upgrade komponen Mini PC anda.Soal kinerja yang pas-pasan, untuk sekarang sebenarnya kita tidak bisa terlalu banyak mengeluh. Buat anda yang punya anggaran lebih, butuh Mini PC yang lebih bertenaga, ingin menghemat penggunaan energi, tertarik dengan desain PC yang tidak biasa, ada kog Mini PC yang spesifikasinya sangat mampu untuk diajak bekerja agak berat. Cuman ya gitu, harganya juga jadi tidak biasa. Kalau kebutuhan komputasi anda berkisar ke urusan pekerjaan Office, mengakses internet, sesekali main game ringan flash based, menonton film kualitas sedang sampai tinggi, dan tetap hemat listrik, Mini PC adalah pilihan terbaik.



"ya mungkin pembahasan tentang mini pc ini kurang lengkap, tapi mudah-mudahan dapat membantu kita semua khususnya para pembaca untuk lebih mengenal lagi tentang mini pc".

0 komentar:

Posting Komentar